David De Gea VS Kepa Arrizabalaga, Siapakah Yang Terbaik?

Premier league pada musim 2018 lalu dan 2019 yang baru saja usai. Dibalik persaingan yang ketat antara para penyerang berebut gelap top skor, ada juga persaingan yang berusaha di perebutkan pada posisi penjaga gawang. Dan ada banyak nama besar disana.

Yang menarik perhatian bagaimana cara untuk memiliki dua posisi penjaga gawang asal spanyol yaitu kepa arrizabalaga dan david de gea. Dengan persamaan satu yang sama yaitu penjaga gawang tim senior timnas spanyol.

Posisi yang sedang dijalankan oleh david de gea dan kepa arrizabalaga penuh dengan lika-liku proses yang suda berjalan dari 2018 tahun lalu dan 2019 tahun ini. Ada di saat mereka di teken untuk habis-habisan saat bermain, tapi mereka juga beberapa kali mendapatkan pujian yang setimpal karena tapi denga hasil performa yang bagus.

Kepa Atau De Gea

Kepa arrizabalaga adalah pendatang baru di premier league. Namun, profesi yang sekarang menjadi sorotan besar. Untuk itu, penjaga gawang usia 25 tahun ini menyandang status pemain paling mahal di posisinya. Chelsea mampu membayar 70 juta euro untuk membelinya dari blibao sungguh angka yang cukup besar.

Di beritakan dari berita squawka, dalam sepanjang musim 2018 dan 2019. Kepa arrizabalaga mampu memainkan 36 laga untuk chelsea. Dan sementara itu david de gea selalu jadi pilihan utama di bawah kekuasaan setan merah ini. Kepa adalah senior yang mampu memainkan 38 laga selama musim 2018 dan 2019.

Kemampuan kepa jika dilihat dari sejarah kebobolan, jelas lebih baik dari de gea. Karena de gea hanya kebobolan 2,3 gol per laga. Sementara sejarah kebobolan kepa mencapai angka 3,2 gol perlaga. De gea kebobolan 54 gol totalnya dalam satu musim penuh.

Namun ada juga beberapa kemampuan terbaik yang kepe nyatakan dari sisi cleansheet. Pria dengan keturunan basque itu mampu mencatat 14 kali cleansheet. Sementara itu de gea hanya melakukan pada 7 laga saja.

Namun jika dilihat lagi dari segi penyelamatan, de gea masih lebih baik dari kepa. Karena de gea mampu melakukan 69% penyelamatan dari ancaman yang mengarah ke gawangnya. Dan kepa hanya mampu membuat penyelamatan 67,8% sepanjang sejarahnya.

Kalah Dari Alisson Ederson

David de gea dan kepa arrizabalaga adalah dua wakil terbaik dari spanyol yang bisa berlaga di premier league pada posisi penjaga gawang. Posisi keduanya dinilai cukup bagus. Namun tidak sebagus dua kiper asal brasil yaitu alisson aderson.

Allison yang membela liverpool mampu mencatat 21 kali cleansheet dan hanya kebobolan 22 gol dari 38 laga yang sudah ia mainkan. Mantan penjaga gawang AS roma ini dinobatkan sebagai yang terbaik pada posisinya di musim 2018 dan 2019.

Sementara itu ederson menunjukkan performa untuk tambil tidak kalah bagusnya. Mantan penjaga gawang benfica tersebut hanya kebobolan 23 gol dan mampu mencetak 20 cleansheet. Diakhir musim 2018 dan 2019 ederson mampu membuat bangga dengan prestasinya membawa manchester city jadi juara di premier league.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *